Ada Pertanyaan?

Kategori
< Seluruh Topik
Print

Install Muslim OS Pada VirtualBox

Apa Itu VirtualBox

Install Muslim OS Pada VirtualBox bisa menjadi alternatif bagi antum yang belum bisa migrasi secara menyeluruh untuk menggunakan free Operating System, dengan VirtualBox Antum dapat menjalankan Operating System lain di dalam Operating System yang terpasang pada komputer antum saat ini secara bersamaan , seperti Antum memiliki komputer di dalam komputer.

VirtualBox sendiri merupakan sebuah sofware gratis dari Oracle yang bisa Antum Download langsung dari halaman download VirtualBox yang dibangun untuk tujuan umum Virtualisasi hardware x86, server, desktop dan penggunaan tertanam.

Ada beberapa keuntungan ketika Antum menggunakan Oracle VM VirtualBox diantaranya:

  • Dapat menggunakan Multi-OS secara bersamaan tanpa harus reboot komputer, terkadanga antum harus menggunakan OS terstentu karena alasan kompatibilitas software yang antum gunakan, sementara OS yang terinstall di komputer antum bukanlah OS yang kompatible dengan Software yang antum butuhkan.
  • Penghematan pada infrastruktur dan listrik, antum tidak perlu membeli PC baru untuk menjalankan OS yang berbeda dan antum tidak perlu menyalakan 2 komputer sekaligus untuk menggunakan 2 OS berbeda secara bersamaan
  • Disaster Recovery, fitur snapshot pada Oracle VM VirtualBox memungkinkan antum untuk mengambil kembali data dan instalasi pada saat snapshot diaktifkan ketika terjadi kerusakan fatal pada OS.
  • Testing software dan OS lebih mudah, dengan Oracle VM VirtualBox yang mana software dan OS yang akan di test tidak terinstall langsung pada fisik komputer antum sehingga dapat mengurangi resiko pengaruh tidak baik terhadap komputer antum.

Download dan Install Oracle VM VirtualBox

Untuk mendownload Oracle VM VirtualBox, buka halaman download Oracle VM VirtualBox, hingga artikel ini dibuat, Oracle VM VirtualBox versi terbaru yaitu versi 6.1.18, dibawah VirtualBox 6.1.18 platform packages ada pilihan download, sesuaikan dengan OS komputer antum saat ini, jika antum punya komputer dengan OS Windows 10 maka antum pilih pilihan pertama yaitu Windows host.

Install Muslim OS Pada VirtualBox

Setelah Download selesai, buka file Oracle VM VirtualBox installer seperti menginstall software lainnya.

Install virtualbox
Klik Next
Pilihan tidak perlu di rubah, klik Next saja.
Uncheck pada bagian yang tidak perlu, biarkan centang pada Register file associations
Klik Yes
Klik Install, klik Yes pada dialog berikutnya, ikuti proses hingga selesai, kemudian Klik Finish.

Proses Install Muslim OS Pada VirtualBox

Buat Virtual Machine Baru

Download terlebih dahulu Muslim OS dengan mengikuti
Cara Mendownload Muslim OS
pada halaman download Muslim OS. Proses instalasi Muslim OS pada Oracle VM VirtualBox tidak diperlukan bootable media (CD/DVD/Flash Drive).

Buka VirtualBox, kemudian klik New seperti pada gambar.

Pada dialog box selanjutnya antum di minta mengisi data OS yang akan di install, isi dengan pilihan sebagai berikut:

  • Name: Nama OS yang akan di install
  • Machine Folder: biarkan saja tanpa di rubah
  • Type: Linux
  • Version: Ubuntu (32bit)

Setelah klik Next, proses selanjutnya adalah mengalokasikan RAM, jangan khawatir, tidak ada pembagian RAM secara permanen, pemakaian RAM pada VirtualBox hanya ketika Virtual Machine sedang running, ketika VirtualBox ditutup alokasi RAM akan dikembalikan seperti semula.

Geser ke kanan dan usahakan tidak melewati garis merah, 2 GB RAM sudah cukup untuk digunakan pada Muslim OS.

Selanjutnya yaitu membuat Virtual Hard Disk, pada proses ini tidak ada proses partisi pada hard disk, jadi tidak perlu khawatir untuk create virtual hard disk.

Klik “Create”, kemudian biarkan pilihan VDI (Virtual Disk Image) dan klik “Next”, pada dialog box selanjutnya biarkan pada pilihan Dinamically allocated dan klik “Next” seperti gambar-gambar di bawah.

Klik Create
Biarkan VDI (VirtualBox Disk Image)
Pilih Dinamically allocated kemudia Next

Setelah klik Next, Pada bagian “File location and size”, tentukan seberapa besar ukuran virtual hard disk yang akan di pakai, tarik ke kanan untuk menambah ukuran disk, kemudian klik “Create”

Virtual Machine antum sudah siap digunakan, namun belum terinstall Muslim OS, proses berikutnya adalah Install Muslim OS pada Virtual Machine.

Setting up Muslim OS Pada Virtual Machine

Pada Virtual Machine yang baru saja antum buat, Klik “Setting”, pada bagian Storage, klik “Empty”, kemudian klik pada gambar CD pada bagian kanan. Pilih “Choose a disk file” kemudian cari file Muslim OS muslims-os-0.1-alpha-i386 yang sudah antum download, kemudian klik “OK”

Install Muslim OS Pada Virtual Machine

Sekarang saatnya menginstall Muslim OS pada Virtual Machine yang sudah antum buat, Klik “Start”.

Setelah muncul jendela instalasi, dengan tampilan instalasi Muslim OS, pilih “Legacy/Bios Direct Install Muslims-OS” menggunakan panah atas atau bawah pada keyboard dan tekan “Enter” pada pilihan antum.

Ikuti langkah-langkah instalasi sesuai bebutuhan antum, seperti contoh pada gambar-gambar di bawah.

Pilih Bahasa Sistem
Pilih Bahasa Keyboard
Jika jaringan internet antum memungkinkan, centang juga third-party software.
Centang pada Erase disk and install Muslims, jangan khawatir, tidak ada data antum yang akan terhapus pada OS Windows antum.
Klik Lanjutkan
Isi detail yang diperlukan
Pilih lokasi antum saat ini

Proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai selesai proses instalasi,

Setelah instalasi selesai, klik “Restart Now”, Virtual Komputer antum akan melakukan reboot, masukkan user dan password menggunakan user dan password yang telah antum sediakan saat proses instalasi.

Lakukan update package, dan Muslim OS sudah siap untuk antum gunakan.

Mudah insya Allah untuk menginstall Muslim OS pada VirtualBox sebagai langkah awal dan pengenalan terhadap Muslim OS untuk memudahkan antum migrasi ke free OS sepenuhnya.

Was this article helpful?
5 out Of 5 Stars
5 Stars 100%
4 Stars 0%
3 Stars 0%
2 Stars 0%
1 Stars 0%
How can we improve this article?
Selanjutnya Tutorial Cara Install Muslim OS
Daftar Isi