Ada Pertanyaan?

Kategori
< Seluruh Topik
Print

Tutorial Cara Install Muslim OS

Persiapan Install Muslim OS

Ada beberapa hal yang harus antum persiapkan untuk proses install Muslim OS diantaranya:

  1. Bootable media (CD/DVD/Flash drive) Minimum 4 GB
  2. Komputer
  3. Jaringan Internet (Opsional)

Adapun spesifikasi minimum komputer untuk instalasi Muslim OS yaitu:

  • Minimum Intel Atom/Celeron
  • Dual Core
  • RAM 512MB
  • Space Hard Disk 16 GB

Jika antum belum memiliki CD/DVD/Flash drive yang telah memuat Muslim OS, maka antum bisa mendownload Muslim OS pada halaman download dan menyimpan sebagai file installer di bootable media (CD/DVD/Flash drive), pelajari cara Menggunakan CD/DVD Untuk Menginstall Muslim OS dan Menjadikan USB Flash Drive Untuk Menginstall GNU/Linux Muslim OS.

Tidak lupa berdoa memohon pertolongan dan meniatkan usaha instalasi ini untuk dipergunakan dalam kebaikan dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Proses Install Muslim OS

Backup Data Antum

Dalam proses instalasi, bisa saja data-data antum yang tersimpan dalam komputer antum terhapus karena kesalahan prosedur, kami sangat merekomendasikan untuk mencadangkan atau membackup file-file dalam komputer antum pada hard disk atau online storage.

Disclaimer: 
- Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan atau kehilangan data akibat proses instalasi Muslim OS.
- Tutorial ini menagcu pada clean installation method, artinya komputer antum dalam keadaan kosong, bukan dual boot.

Boot Komputer

Pastikan CD/DVD/Flash Drive sudah antum pasang pada komputer antum, nyalakan komputer dengan menekan tombol power komputer di ikuti dengan tombol Esc atau F2 atau F8 atau F12 tergantung dari merek dan seri komputer antum, silahkan merujuk pada manual masing-masing komputer untuk mengetahui tombo kunci yang mana yang dipergunakan untuk masuk ke Boot Menu atau Konfigurasi Bios

Setelah antum masuk ke Konfigurasi Bios, ada beberapa hal yang perlu antum perhatikan dan rubah pada Konfigurasi Bios, diantaranya:

  • Muslim OS versi 0.1 Alpha 32bit tidak bisa berjalan pada Mode UEFI, jika Konfigurasi Bios antum saat ini ada pada Mode UEFI, antum harus merubahnya ke Mode Legacy.
  • Mode UEFI bisanya digunakan pada komputer-komputer baru, pada komputer lawas biasanya tidak perlu merubah mode ini karena tidak tersedianya mode UEFI.
  • Mode Legacy tidak bisa berjalan pada Secure Mode, jika komputer antum menggunakan Secure Mode antum harus merubah ke Secure Mode Disable atau Insecure Mode (istilah tergantung model komputer).

Semua proses pergantian menu tersebut berapa pada Bios Setup, masing-masing komputer memiliki tampilan Bios Setup yang mungkin berbeda namun pada dasarnya sama dalam hal tujuan.

Setelah selesai setting Bios, klik “Apply” kemudian “Exit”, komputer antum akn kembali reboot, antum harus masuk kembali ke sistem Bios dengan menekan tombol kunci Esc atau F2 atau F8 atau F12 tergantung dari merek dan seri komputer antum beberapa kali saat komputer antum sedang booting.

Pada tampilan Bios, antum pilih “USB Storage Devide” atau CD/DVD/CD-RW Drive tergantung media yang antum gunakan dibawah Legacy Boot kemudian klik “Enter”.

Antum akan diberikan pilihan mencoba Muslim OS terlebih dahulu tanpa menginstall atau langsung menginstall, silahkan pilih sesuai kebutuhan antum. Untuk menginstall silahkan pilih Install Muslim OS.

Pilih Bahasa yang antum inginkan.
Pilih Bahasa Keyboard yang antum inginkan
Pilih Download Update ketika sedang menginstal mempercepat proses instalasi
Pilih sesuatu yang lain jika antum ingin memasang Muslim OS pada partisi tertentu, pilihan pertama akan menghapus semua file antum.
Pilih partisi dimana antum ingin menginstall Muslim OS pada drop down menu, antum juga bisa membuat partisi bari pada step ini dengan klik kanan pada partisi dan ikuti step wizard yang ditampilkan.
Lanjutkan jika antum telah yakin benar dalam memilih partisi
Tulis nama antum, nama komputer, user dan password, pastikan Antum mencatat user dan password yang akan digunakan nantinya untuk masuk ke Muslim OS.
Pilih lokasi antum, ini berguna untuk time zone dan penyesuaian lainnya.
Biarkan proses instalasi berjalan sampai selesai.

Alhamdulillah, Muslim OS sudah terinstall di komputer antum, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu.

Was this article helpful?
2.5 out Of 5 Stars
5 Stars 0%
4 Stars 0%
3 Stars 0%
2 Stars 100%
1 Stars 0%
How can we improve this article?
Please submit the reason for your vote so that we can improve the article.
Sebelumnya Install Muslim OS Pada VirtualBox
Selanjutnya Menjadikan USB Flash Drive Untuk Menginstall GNU/Linux Muslim OS
Daftar Isi