Ada Pertanyaan?

Kategori
< Seluruh Topik
Print

Struktur File System Pada GNU/Linux Muslim OS

Gambaran Struktur File System Pada GNU/Linux Muslim OS

Muslim OS dibangun dari basis Lubuntu sehingga struktur file system pada GNU/Linux Muslim OS sama dengan Distro GNU/Linux lainnya. Berikut sekedar gambaran struktur file system pada GNU/Linux Muslim OS.

Struktur File System Pada GNU/Linux Muslim OS

Penjelasan Masing-Masing Directory

Ketika kita berbicara folder, di GNU/Linux lebih sering disebut directory, sehingga kita akan lebih sering menyebut directory ketimbang folder, Berikut penjelasan dari masing-masing directory:

DirectoryFungsi
/Directory paling atas yang dimiliki oleh root (super user) yang memuat semua directory pada file system GNU/Linux Muslim OS
/binMemuat semua command binary dari user seperti date, cal, dll.
/bootMemuat Bootable linux Kernel dan bootloader config files
/devmemuat file yang berkaitan dengan devices. tty=terminal, fd=floppydisk,
hd = harddisks, ram=RAM, cd=CD-ROM
/etcMemuat file-file yang berkaitan dengan Administrative Configuration files
/homeDirectory dimana tempat semua user regular non root berada.
/mediaBerisi removable media seperti USB flash drive, external hard disk.
/libBerisikan libraries yang dibutuhkan oleh aplikasi pada /bin atau /sbin agar system bisa melakukan booting.
/tmpBerisikan temporary file yang digunakan oleh aplikasi berjalan.
/usrBerisikan file-file yang berkaitan dengan user.
/varBerisikan directory dari variable data yang bisa dipakai oleh berbagai aplikasi seperti log file.
/mntTempat untuk menempatkan media eksternal seperti hard disk, flash disk, namun fungsinya kebanyakan telah digantikan oleh /media.
/sbinBerisikan administrative commands (binaries) yang digunakan oleh super user root
/procInformasi tentang resource sebuah system
/miscDirektori yang digunakan untuk automount filesystem berdasarkan permintaan
Tabel penjelasan Masing-Masing Directory

Directory-directory pada tabel diatas tidak perlu dibuat secara manual oleh user, saat instalasi, semua directory tersebut telah dibuat oleh system, adapun directory selanjutnya adalah directory masing-masing user seperti amr, ahmad, muhammad, hanif, bilal, nama-nama tersebut adalah user yang di buat pada komputer antum, antum bisa membuat user sebanyak mungkin.

Masing-masing user akan memiliki directory-directory secara default seperti Desktop, Documents, Downloads, Music, Pictures, Videos, Templates dan Public.

Hidden Directory/File

Pada Operating System GNU/Linux Muslim OS terdapat hidden file/directory atau file-file dan directory yang tersembunyi, tak terlihat (secara default tidak dimunculkan pada GUI), hidden file/directory ini diawali oleh tanda dot (.) seperti .cache, .config dan yang lainnya. untuk menampilkan hidden file/directory bisa dilakukan dengan klik kanan kemudian cek pada “Show Hidden”

Kesimpulan

Pada penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa directory tertinggi pada Struktur File System Pada GNU/Linux Muslim OS dimiliki oleh direktory / atau root, secara default semua directory yang diperlukan oleh system telah dibuat saat proses instalasi.

Root pada GNU/Linux berfungsi sama seperti Administrator pada Windows, sehingga semua directory baik yang dimiliki oleh system maupun user berada di bawah directory root.

Directory pada GNU/Linux sama dengan folder pada Windows, terdapat hidden directory atau hidden file dimana untuk menjadikan file atau directory sebagai hidden file/directory maka ditambahkan dot (.) pada awal nama depan sebuah file atau directory.

Antum tidak pelu menghafal semua nama dan fungsi dari directory-directory diatas, karena pada umumnya antum sebagai user hanya akan membuka directory-directory dibawah user, kecuali bila antum berprofesi sebagai developer.

Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk memudahkan kita semua untuk membahas lebih jauh tentang LXTerminal. Yassarallahu al umuur, wa barakallahu fiikum.

Was this article helpful?
4.3 out Of 5 Stars
5 Stars 0%
4 Stars 100%
3 Stars 0%
2 Stars 0%
1 Stars 0%
How can we improve this article?
Sebelumnya 01. Cal dan Echo Command Beserta Beberapa Shortcut pada Terminal
Selanjutnya Navigasi File dan Directory
Daftar Isi