Cara Membuat USB Flash Drive Bootable GNU/Linux Installation Media

Terkadang Antum tidak ingin menggunakan CD/DVD untuk menginstall Distro GNU/Linux termasuk Muslim OS dan hanya ingin menggunakan media USB Flash Drive yang sudah Antum miliki karena kemudahan untuk menghapus istaller setelah Antum gunakan.

Berikut Cara Membuat USB Flash Drive Bootable Installation Media sehingga Antum tidak lagi perlu membeli CD/DVD yang sifatnya sekali pakai.

Menyiapkan Flash Disc atau Flash Drive

Siapkan USB flash drive kososng dengan kapasitas minimal 4 GB karena karena installer Muslim OS sendiri memiliki ukuran 2.07 GB, download file ISO Muslim OS pada halaman utama website kami, atau Antum bisa mendownload Distro GNU/Linux lainnya.

Jika Antum menggunakan flash drive dengan kapasitas tinggi seperti 16 GB keatas dan sudah ada konten dalam flash drive Antum, Antum tetap bisa menggunakannya dengan membuat partisi baru pada flash drive Antum dengan menggunakan bantuan software partisi seperti Gparted bagi pengguna GNU/Linux dan AOMEI bagi pengguna Windows, dengan demikian Antum tidak akan kehilangan data saat Antum menyiapkan flash drive Antum menjadi bootable flash drive.

Membuat Flash Drive Sebagai Bootable USB

Setelah Antum mendownload Muslim OS kedalam komputer Antum, Antum bisa membuat Flash Drive menjadi Bootable USB dengan bantuan UNetbootin, download sesuai dengan OS Antum saat ini. Antum bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi UNetbootin.exe
  • Pilih DiskImage pada opsi paling bawah
  • Pastikan Antum memilih ISO pada menu dropdown
  • Pilih file Muslim OS yang telah Antum download dikomputer Antum
  • Pada bagian Type pilih USB Drive
  • Pada bgian Drive Antum pilih USB drive yang akan Antum gunakan sebagai Bootable USB.
  • Tekan OK, proses akan berjalan dan membutuhkan waktu kurang lebih 4 Menit tergantung dari kecepatan processor Antum.
  • Jika selama proses ada peringatan duplikasi, klik Yes to All.
Lihat video untuk lebih jelasnya.

Setelah selesai proses diatas, flash drive Antum akan terlihat seperti gambar dibawah dan siap untuk digunakan sebagai USB Flash Drive Bootable GNU/Linux Installation Media.

Demikian Cara Membuat USB Flash Drive Bootable Installation Media, cukup simpel dan mudah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar